Sistem ranking baru buat blog Indonesia

By | 26/12/2007

dari MBOT AGUNG :

Buat yang seneng main peringkat-peringkatan blog, nih ada mainan baru (atau guenya yang kebetulan baru tau ya?) 🙂 Di sini lo bisa mendaftarkan blog lo untuk diikutsertakan dalam peringkat “blog indonesia papan atas” (ceileh).

Dibanding peringkat2 blog yang udah duluan ada, sistem yang dipake di sini terbilang cukup komprehensif karena melibatkan 6 parameter yang kemudian dibobotkan menjadi satu nilai. Keenam parameternya adalah:

* Google Pagerank
* Yahoo Link Count
* Jumlah pelanggan Bloglines
* Jumlah link di del.icio.us
* Peringkat Technorati
* Traffic Rank Alexa

Khusus buat para pengguna Multiply, sebenernya rada dirugikan dalam sistem pemeringkatan ini karena alexa traffic rank nggak bisa mendeteksi traffic untuk masing2 account di MP. Yang bisa ditangkap oleh Alexa hanya traffic menuju multiply.com doang.

Sebaliknya untuk google pagerank dan technorati rank, user MP cenderung diuntungkan karena setiap posting yang kita buat dihitung sebagai 1 link balik menuju home account kita. Dengan kata lain, para user yang rajin posting, kemungkinan punya pagerank dan technorati rank yang lumayan tinggi.

Terlepas dari kekurangan dan kelebihannya, gue seneng ada orang yang mau susah-susah bikin ginian. Itung2 ini adalah saranan ‘sensus’ blogger Indonesia – biar bisa saling lirik dan saling kenal antar blogger.

Buat yang tertarik ikutan, tinggal klik link “add a blog” di sana, dan masukin nama – alamat email – dan alamat blog. Kalo si empunya ranking berkenan menerima elo, maka elo akan dapet email balasan.

Ada sejumlah persyaratan untuk bisa ikutan diperingkat di sini, antara lain isi blog yang nggak didominasi copy paste, bukan agregator, dan bukan blog jualan.

http://blogs.indonesiamatters.com